
Program Kerja Assesmen Akhir Semester Tahun 2023/2024
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pembukaan UUD 1945 tersirat salah satu tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan tujuan tersebut, pemerintah telah menetapkan suatu keputusan yang berkaitan dengan pendidikan yaitu bahwa kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Kebijaksanaan ini diambil sebagai strategi dasar pendidikan nasional dalam usaha mengejar ketinggalan di bidang IPTEK yang semakin berkembang yang dapat menunjang keberhasilan pembangunan nasional.
Usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan terlihat dengan diadakannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang orientasinya kepada peningkatan kualitas guru dan keterampilan siswa. Di samping itu, pemerintah juga melakukan standarisasi tingkat pengetahuan siswa untuk setiap jenjang dan jenis sekolah berupa Assesmen Akhir Semester yang dalam pembuatan soal-soal berpedoman pada kisi-kisi yang dibuat oleh K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah).
Kegiatan Assesmen Akhir Semester adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan dan merupakan kegiatan edukatif dalam menentukan nilai raport seorang siswa. Karena kegiatan tersebut menyangkut anak didik, maka dalam pelaksanaannya harus benar-benar sesuai dengan ketentuan yang digariskan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan tersebut, maka penyusunan program kerja merupakan hal yang mutlak diperlukan, karena kegiatan yang pelaksanaannya didasarkan dan berpedoman kepada program dan tujuan pembangunan nasional hasilnya akan lebih mantap dan terarah.
B. Landasan
SK Kepala SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor No. 0803a/SK/SMK-NAP/11/2023 tanggal 01 Nopember 2023 tentang Penetapan Panitia Assesmen Akhir Semester Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor.
C. Tujuan dan Sasaran
Tujuan
- Untuk mengetahui keikutsertaan PROGRAM KERJA dalam melaksanakan Assesmen Akhir Semester tahun pelajaran 2023/2024.
- Untuk mengevaluasi keberhasilan sekolah dalam mencapai target kurikulum yang telah diprogramkan.
- Untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan dalam sistem pengadministrasian Assesmen Akhir Semester.
- Untuk mengdiagnosa kelemahan dan keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Sasaran, seluruh siswa/siswi mulai kelas X hingga kelas XII.
BAB II PERSIAPAN ADMINISTRASI
A. Dasar Pemikiran
-
- Melaksanakan Program Kerja Satuan Pendidikan Tahun Pelajarn 2023/2024.
- Sebagai bahan kajian Program Kerja untuk meningkatkan kualitas kerja berikutnya.
- Dasar motivasi kerja bagi Program Kerja agar urgensi pelaksanaan Assesmen Akhir Semester berjalan dengan baik.
- Menghimpun semua informasi dan langkah-langkah kegiatan.
- Sebagai bahan laporan kegiatan pelaksanaan kerja Program Kerja.
B. Sususan Panitia
Sesuai dengan SK Kepala SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor No. 0803a/SK/SMK-NAP/11/2023 tanggal 01 Nopember 2023 tentang Penetapan Panitia Assesmen Akhir Semester Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor, maka susunan Program Kerja Assesmen Akhir Semester selengkapnya sebagai berikut:
1. Panitia Assesmen Akhir Semester
|
Penanggung Jawab |
: |
Dr. Kholifatul Husna Asri, M.PdKepala Sekolah |
Kepala SMK IT NAPALA |
|
Ketua Pelaksana |
: |
Dr. (Cand.) Faridudin Malikur Rahmat, M.Pd |
Waka Kurikulum |
|
Sekretaris |
: |
Teddy Apriansyah |
Staff Tata Usaha |
|
Bendahara |
: |
Fitriyah, SE |
Staff Tata Usaha |
|
Anggota |
: |
Badrusalam |
Waka Sarpras |
|
|
|
Lies Shinta |
Guru |
|
|
|
Nurmayanti |
Guru |
2. Penguji, Pembuat Naskah Soal, Pemeriksa dan Pengawas
Penguji, pembuat naskah soal, pemeriksa dan pengawas Assesmen Akhir Semester diambil dari guru SMK IT Napala, sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing.
3. Uraian Tugas (Job Description)
Penanggung Jawab
- Membuat SK Program Kerja serta pembagian tugasnya
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan
- Memberikan petunjuk dan pengarahan kepada semua anggota.
- Menerima dan melayani tamu yang melakukan pemantauan terhadap jalannya Penilaian Umum
Ketua
- Mengarahkan dan membimbing pelaksanaan Program Kerja
- Membuat dan mengampil keputusan untuk berbagai persoalan
- Membuat laporan K3S dan Dinas Pendidikan
- Membuat konsep program kerja Assesmen Akhir Semester
Sekretaris
- Bertanggung jawab atas administrasi Assesmen Akhir Semester
- Mempersiapkan blanko-blanko yang diperlukan
- Mengkoordinasi semua kegiatan administrasi
Bendahara
- Menerima uang Assesmen Akhir Semester dari peserta
- Menerima pengalokasian dana bantuan pemerintah (jika ada)
- Melaksanakan dan mengadakan pembukuan keuangan
- Mengeluarkan uang sesuai dengan keperluan setelah disetujui oleh ketua Program Kerja/Kepala Sekolah
- Mempertanggung jawabkan masalah keuangan kepada Yayasan, Sekolah, K3S dan Dinas Pendidikan
- Membuat SPJ untuk setiap keuangan
Anggota
- Mendistribusikan soal-soal assesmen kepada pengawas
- Menarik lembar jawaban siswa dari pengawas dan menyerahkannya kepada guru mata pelajaran untuk diperiksa
- Mengumpulkan naskah Assesmen Akhir Semester dari tiap mata pelajaran mulok untuk di ketik dan digandakan serta diteliti
- Bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan soal Assesmen Akhir Semester dari kebocoran dan kejadian yang tidak diharapkan
- Menyediakan amplop soal, legitimasi, nomor peserta, denah tempat duduk, denah lokasi penyelenggaraan dan blanko daftar nilai Assesmen Akhir Semester
- Mengelompokkan naskah soal hasil penggandaan sekaligus memasukkannya ke dalam amplop soal dan diarsipkan
- Mengatur tempat duduk peserta Assesmen Akhir Semester
- Menyiapkan dan membereskan tempat Penilaian Umum
- Mengumpulkan nilai Assesmen Akhir Semester dan nilai raport dari guru mata pelajaran untuk diserahkan kepada wali kelas dan sekretaris Program Kerja
- Membantu seluruh kegiatan Program Kerja dalam melaksanakan tugasnya
- Bertanggung jawab atas kebersihan tempat penyelnggaraan Assesmen Akhir Semester
Pembuat Naskah Soal
- Menyusun naskah soal
- Membuat kunci jawaban
- Menyerahkan naskah soal
Pengawas
- Melakukan pengawasan di ruang Assesmen Akhir Semester sesuai dengan jadwal mengawas yang telah ditentukan
- Bertanggung jawab atas ketertiban, ketenangan dan kelancaran jalnnya Assesmen Akhir Semester terutama di ruangan yang diawasinya
- Mengelompokkan lembar jawaban peserta Assesmen Akhir Semester berdasarkan nomor urut peserta dan kelasnya
- Menyerahkan lembar jawaban peserta kepada pihak seksi penyelenggaraan
Pemeriksa
- Mengabil lembar jawaban peserta dari seksi penyelenggaraan untuk diperiksa disertai daftar nilai Penilaianumum dan raport
- Mengolah nilai raport
- Menyerahkan nilai raport kepada seksi penyelenggaraan untuk diteruskan kepada wali kelas dan sekretaris Program Kerja
4. Kalender Kegiatan Program Kerja
|
Tanggal Rencana |
Uraian Agenda Kegiatan |
|
Tahap Persiapan |
|
|
01 Nopember 2023 |
Rapat Pembetukan Program Kerja |
|
01-16 Nopember 2023 |
Menyusun Program Kerja |
|
18-30 Nopember 2023 |
Menyiapkan Administrasi |
|
04-23 Nopember 2023 |
Membuat Naskah Soal |
|
24-30 Nopember 2023 |
Penggandaan dan pengepakan naskah soal |
|
01-03 Desember 2023 |
Membereskan tempat pelaksanaan |
|
Tahap Pelaksanaan |
|
|
04-06 Desember 2023 |
Pelaksanaan Assesmen Akhir Semester Utama |
|
11-13 Desember 2023 |
Pelaksanaan Assesmen Akhir Semester Susulan |
|
Tahap Penyelesaian |
|
|
11-16 Desember 2023 |
Pemeriksaan/pengolahan nilai |
|
18 Desember 2023 |
Penyerahan nilai/raport |
|
19-20 Desember 2023 |
Pengisian nilai legger/rapot |
|
21-22 Desember 2023 |
Pencetakan dan penandatanganan buku raport |
|
23 Desember 2023 |
Pembagian Raport |
5. Kelengkapan Administrasi Assesmen Akhir Semester
- SK Kepala SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor No. 0803a/SK/SMK-NAP/11/2023 tanggal 01 Nopember 2023, tentang Penetapan Panitia Assesmen Akhir Semester Tahun Pelajaran 2023/2024. (terlampir)
- Daftar peserta Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Denah bangku peserta Assesmen Akhir Semester(terlampir)
- Jadwal mengawas Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Tata tertib pengawas dan peserta Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Surat pernyataan menjaga kerahasiaan (terlampir)
- Daftar serah terima soal dan lembar jawaban Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Kartu tanda peserta praktek Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Kartu tanda peserta tulis Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar hadir kelompok kerja Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar hadir pengawas Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar peserta Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar hadir peserta yang tidak hadir Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Catatan kejadian penting dalam Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar nilai Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Daftar serah terima lembar jawaban, nilai raport dan Assesmen Akhir Semester (terlampir)
- Denah lokasi Assesmen Akhir Semester (terlampir)
6. Peserta Assesmen Akhir Semester
Jumlah peserta Assesmen Akhir Semester tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 83 laki-laki dan 52 perempuan dengan perincian sebagai berikut:
JENIS KELASMIN |
X DKV |
XI DKV |
XI MM |
JUMLAH |
|||
X DKV 1 |
X DKV 2 |
XI DKV 1 |
XI DKV 2 |
XII MM 1 |
XII MM 2 |
||
Laki-laki |
10 |
12 |
18 |
15 |
13 |
15 |
83 |
Perempuan |
11 |
11 |
4 |
8 |
12 |
6 |
52 |
Jumlah |
21 |
23 |
22 |
23 |
25 |
21 |
135 |
7. Denah Tempat Duduk
Untuk penempatan peserta, kami telah menyediakan 16 ruangan yang bertempat di ruang belajar SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor dimulai dari ruang belajar kelas X DKV 1 sampai kelas XII MM 2. Tiap ruang diisi kurang lebih 22 siswa dengan tiap bangku diisi dua orang peserta. Denah tempat duduk terlampir.
BAB III TEKNIS PENYELENGGARAAN ASSESMEN AKHIR
A. Jenis Assesmen Akhir Semester
Jenis assesmen terdiri dari a. ujian tulis utama, ujian praktek utama, ujian tulis susulan, dan ujian praktek susulan.
B. Mata Pelajaran
Daftar mata pelajaran yang diujikan terlampir
C. Penyusunan Naskah Soal
Kisi-kisi dan naskah soal dibuat oleh MGMP tiap-tiap mata pelajaran adapun untuk mata pelajaran mulok dibuat oleh guru masing-masing dan kerahasiaannya menjadi tanggung jawab sekolah.
1. Materi soal
Materi soal diambil dan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 untuk kelas XII, dan Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XII.
2. Bentuk soal
- Pilihan ganda biasa dengan 4 pilihan meliputi soal dengan gambar, grafik, diagram atau peta.
- Bentuk uraian untuk mengukur aspek intelektual, pemahaman, penerapan, sintetis, analisis dan evaluasi.
3. Materi Pelajaran
Materi pelajaran 100% semester 1
4. Tingkat Kesukaran
Mudah 30% sedang 50% dan sukar 20%
5. Penggandaan Naskah Soal
Naskah soal diproses dan digandakan oleh kepantian sekolah di bawah pengawasan MKKS.
6. Pengolahan Angka Raport
Untuk mata pelajaran yang pada evaluasinya menggunakan ujian praktek adalah sebagai berikut:
Pendidikan Agama
- Nilai pengamalan (P) = rata-rata harian + (2 X ujian praktek) dibagi 3
- Nilai Kognitif/Teori (K) = rata-rata Penilaian harian + (2 X nilai Penilaian umum) dibagi 3
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Ujian praktek olah raga hanya meliputi materi sesuai kurikulum yang diberlakukan. Tidak perlu diadakan ujian praktek rengang, sepakbola dan olahraga pilihan lainnya yang telah merupakan kegiatan ekstrakurikuler.
Pendidikan Seni
- Tidak dilaksanakan Assesmen Akhir Semester Teori
- Ujian praktek ohanya meliputi materi sesuai kurikulum yang diberlakukan.
8. Perhitungan Nilai Rapot
Nilai raport dihitung berdasarkan rumus (NR = nilai raport, NH = rata-rata nilai harian, NU = nilai Assesmen Akhir Semester).
Kecuali nilai raport untuk pendidikan jasmani dan kesehatan dihitung berdasarkan rumus (NR = nilai raport, NH = rata-rata nilai harian, UP = nilai ujian praktek)
BAB IV ANGGARAN BIAYA ASSESMEN AKHIR SEMESTER
Anggaran biaya terlampir.
BAB V PENUTUP
Tidak berlebihan jika dalam bab penutup program kerja ini kami ungkapkan kembali apa yang telah dikemukakan pada bab-bab terdahulu, tentang kegunaan dan pentingnya menyiapkan program kerja sebelum suatu kegiatan dilaksanakan.
Sebuah program kerja yang disusun secara terperinci jauh sebelum kegiatan itu sendiri dilaksanakan akan sangat membantu dalam menentukan langkah mana yang sebaiknya dilaksanakan terlebih dahulu.
Lamanya waktu dalam menyusun program kerja ini, akan banyak memberi kesempatan uantuk mengkaji ulang rencana kegiatan yang telah disusun berdasarkan kronologi dan tingkat kepentingannya, sehingga nantinya program tersebut betul-betul merupakan modal dasar untuk melangkah dan menggarap setiap rencana yang telah dicanangkan.
Ketetapan menyusun sebuah program kerja akan banyak membantu pengembannya dalam mencapai arah dan tujuan yang diharapkan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.
Demikian juga dengan program kerja yang kami susun ini, kami berharap semoga program kerja ini dapat memberikan arahan dan garapan yang terorganisir, sehingga Assesmen Akhir Semester tahun pelajaran 2023/2024 di SMK IT NAPALA Kabupaten Bogor ini benar-benar sesuai dengan waktu dan ketentuan yang berlaku, serta dapat mencapai tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien.
|
PANITIA ASSESMEN AKHIR SEMESTERTAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
|
Ketua,
Dr.(Cand.) Faridudin M. Rahmat, M.Pd |
Sekretaris,
Teddy Apriansyah |
(*)
Berita Lainnya

Profil SMK IT NAPALA
163 views